ads

Memainkan Musik MP3 Sebagai Latar Belakang Presentasi Untuk Semua Slide di Powerpoint 2007

Pengaturan suara yang dapat dimainkan selama presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint seringkali dibutuhkan oleh guru atau presenter ketika membawakan presetasi atau  mengajardi kelas. Banyak tujuan yang ingin diharapkan bila guru menginginkan ada suara musik selama presentasi di lakukan. Ada trik sederhana agar maksud tujuan tesebut dapat dipenuhi.  Mohon maaf bagi pembaca yang telah memiliki kemampuan lebih dalam penggunaan Powerpoint. Trik berikut ini memang sudah lama ada dan ditujukan bagi yang belum tau serta pemula bagi pengguna Powerpoint.
Apa yang harus dipersiapkan untuk menyeting suara selama presentasi ? ada beberapa hal yang harus di lakukan oleh guru/presenter agar dapat setting musik dapat bekerja dengan baik.
  1. Slide powerpoint yang akan diisi dengan lagu/musik.
  2. Lagu dengan format MP3, Wav, atau WMA yang akan disisipkan dalam presentasi.
  3. Masukkan/simpan slide presentasi dan musik dalm satu folder yang sama, sehingga ketika akan di distribusikan musik dapat dikenali dan dimainkan oleh Ms. Powerpoint.
Setelah 3 hal diatas di lakukan maka langkah selanjutnya menyeting dalam Ms. Powerpont. Tutorial ini menggunakan Ms. Powerpoit 2007.
  • Langkah 1 Buka Slide Powerpoint yang akan disisipkan musik
  • Klik menu Insert => Sound sehingga muncul menu insert sound
Menu Insert Sound

  •  Pilih menu Sound From File, kemudian akan muncul jendela open file. MAsuklah ke dalam folder yang dibuat pada langkah persiapan. Pilihlah suara yang akan dimasukkan dalam slide.

Memilih lagu/musik
  • Bila berhasil akan muncul jendela yang berisi meminta persetujuan apakah musik akan dimainkan secara otomatis atau ketika ikon speaker di klik oleh pengguna. Dalam latihan ini dipilih Automatically
 
Memilih metode memainkan musiknya
  • Pada halaman slide akan muncul ikon kecil berbentuk speaker warna kuning. Geser ikon tersebut dipinggir slide agar tidak mengganggu tampilan slide yang ada.
  • Sampai tahap ini cobalah menampilkan slide dengan  menekan F5 pada keyboard atau klik ikon slide show. Hasilnya ketika ditampilkan slide 1 maka musik akan dimainkan secara otomatis, tetapi ketika memasukki slide kedua musik akan dihentikan secara otomatis pula. Hal ini tidak dikehendaki, untuk itu lanjutkan pada langkah berikut ini.
  • Klik ikon speaker kuning di slide pertama (muncul kotak disekeliling ikon speaker). Kemudian klik menu Animation =>pilih Custome Animation. Hasilnya disebelah kanan akan muncul jendela opsion animation.
 
Menu Custom Animation
  • Dari jendela Custom Animation klik nama lagunya dengan mengeklik anak anah kebawah sehingga akan muncul menu dropdown dan pilih Effec Opsion.

 
Effect Option
  • Aturlah bagian stop playing menjadi after dan isikan 999. Dan pilih tombol OK. Untuk mengubah konfigurasi tampilan lagu dalam slide.
 
  • Kemudian cobala dengan menekan F5 pada keyboard dan coba tampilkan slide daria wal sampai akhir, maka lagu akan dimainkan dengan tidak terputus.
Demikian sedikit tutorial, semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan. Dan mohon kritik saran untuk artikel trik yang lainnya. Terima kasih.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Domain Hosting Murah | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Formulasi Kabupaten Semarang - All Rights Reserved
Template by Maskolis Published by Template Redesign by Mung Bisnis
Proudly powered by Blogger